WhatsApp : Tami | Syuci | Ida
WhatsApp Wahyu Studio: Shodik | Andy

Apa Itu Video Editing dan Seperti Apa Kegunaanya?

June 10, 2020
Posted in Kursus
June 10, 2020 Wahyu Dian Purnomo

Apa itu video editing? Pada era digital yang sangat berkembang pesat seperti saat ini, media juga mengalami pergerakan yang juga sangat maju. Iklan tidak lagi hanya berupa tulisan dan gambar namun juga berupa video.

Kini di sosial media, orang banyak memasang iklan berupa video baik berupa tutorial maupun video testimonial dengan durasi singkat untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Video untuk iklan tersebut telah mengalami proses video editing agar terlihat menarik dan meyakinkan penontonnya. Sebelum video dapat ditayangkan di sosial media atau website, kita melakukan tahap pertama yakni tahap perekaman video yang dilakukan oleh kameramen.

Video dapat diambil dengan alat perekam video seperti seperti handycam, video kamera, handphone atau alat-alat perekam video lainnya. Tahap selanjutnya adalah tahap pengeditan video yang dilakukan oleh video editor.

apa itu video editing by wahyu studio

Apa itu video editing ada apa tujuanya?

Tidak sedikit orang bertanya-tanya apa itu video editing. Video editing adalah suatu proses penyeleksian, penambahan teks dan judul, variasi, transisi, effect, lagu, sound effect, narasi, mengubah tampilan warna dan lain-lain yang membuat video tersebut menarik untuk dilihat.

Tujuan dari proses video editing adalah membuat suatu rekaman video mentah menjadi suatu tampilan video yang menarik dan enak untuk dinikmati. Video yang tidak jelas, buram, tidak fokus, goyang atau terlalu gelap dan terlalu terang tentunya kurang nyaman untuk ditonton.

Selain itu dalam proses video editing kita juga dapat menggabungkan foto dengan video, dan mengambil foto dari video. Proses video editing memungkinkan kita untuk membuat video berupa slide show (tampilan foto yang digerakan) dan mengambil hanya audionya saja.

Seorang video editor yang handal memerlukan jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi agar dapat membuat video yang menarik dan siap ditayangkan. Fee atau biaya pembuatan serta editing video sangat bervariasi tergantung tingkat kesulitannya. Dapat pula berkisar antara ratusan ribu per video atau bahkan jutaan.

tampilan edit video

Secara lebih detail, berikut ini adalah beberapa tugas dasar seorang video editor :

  1. Menyunting vídeo
    Seorang vídeo editor akan mengumpulkan dan menyunting vídeo yang telah direkam.
  2. Menyusun Ulang
    Setelah proses pengumpulan video yang telah direkam sebelumnya. Maka vídeo editor akan menyusun ulang potongan-potongan video tersebut sesuai dengan urutan naskah dan skenario yang telah dibuat.
  3. Memfilter Video
    Memfilter video artinya, seorang vídeo editor akan memilih gambar-gambar yang penting saja dan memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video agar lebih enak dilihat.

    Memfilter vídeo juga menghapus gambar-gambar yang mengganggu jalannya cerita. Pada proses filterasi ini seorang editor juga harus mengatur transisi atau perpindahan dari satu adegan ke adegan lain menjadi lebih halus tanpa terkesan dipotong.

    Selain itu filter video juga berkaitan dengan tata cahaya pada gambar yang sudah dikumpulkan. Video editor juga harus dapat memilah dan memilih kualitas video yang paling baik dan sesuai dengan naskah.

  4. Olah Suara atau sound effect
    Seorang editor video juga harus dapat mengolah suara baik suara asli saat pengambilan gambar maupun suara atau efek suara yang memang perlu ditambahkan.

    Sound effect yang tepat akan menambah kualitas vídeo tersebut sehingga dapat menarik perhatian penontonnya. Untuk poin ini, seorang video editor harus dapat bekerja sama dengan penata suara dan penata musik.

  5. Membuat titel
    Setelah gambar atau video tersusun menjadi kesatuan cerita yang utuh sesuai dengan skenario, video editor selanjutnya akan membuat titel pada video tersebut. Titel vídeo dapat berupa informasi teks atau keterangan yang berkaitan dengan materi vídeo tersebut.
  6. Finishing
    Pada tahap finishing, seluruh crew inti dari pembuatan video harus menyaksikan bersama video yang sudah diedit untuk memastikan bahwa video atau film yang sudah dihasilkan sudah terangkai dengan sempurna sesuai naskah dan skenarionya.

Pekerjaan seorang vídeo editor sangat menarik bukan?

Wahyu Dian Purnomo

Wahyu Dian Purnomo, SCP, CSSQ, CPAC, CCFC, ACA, CAPM, ITIL, MCPD, MCTS, MCP, CCDA, CCNA, adalah praktisi dan trainer Internet Marketing, IT, dan IT/IM Project Management. Dengan metodologi dan teknik belajar yang terstruktur dan asik, internet marketing jadi mudah dipahami & diaplikasikan.