DAFTAR ISI | WhatsApp : Dian | Ayu
October 8, 2019 Wahyu Dian Purnomo

Halo Sobat Belajar! Ada kabar gembira nih. Wahyu Studio menjadi penyelenggara pelatihan untuk para Peserta Kartu Pra Kerja. Kalau kamu mau ikut pelatihan di Wahyu Studio, segera daftar Program Kartu Pra Kerja dan manfaatkan saldonya untuk belajar di Wahyu Studio ya. Salam sukses!

Informasi Kursus Program Kartu Pra Kerja silahkan klik di sini.

Baru di Wahyu Studio? Ayo, join bersama kami di Komunitas Online Wahyu Studio sekarang juga! Mau tanya apa aja bisa. Terus ada diskon menarik kalau ikut kursus offline serta event-event VIP Wahyu Studio lho.

Kursus Sales Funnel CRO Online Terbaik
Kursus Sales Funnel CRO Online Terbaik
tanya kursus by WA
tanya kursus by WA
Kelas Webinar Kursus Sales Funnel CRO Pemula Wahyu StudioKelas Webinar Kursus Sales Funnel CRO Lanjutan Wahyu Studio
Kelas Tatap Muka Kursus Sales Funnel CRO Profesional Wahyu Studio

Kelas Kursus Sales Funnel & CRO

Banyak orang yang bergerak dalam dunia bisnis online terutama mereka yang memiliki website bertanya mengapa bisnis mereka tidak berjalan dengan baik. Mereka mengaku telah menggunakan sumber daya, waktu, dan uang untuk membangun sukses di bisnis online namun ternyata hasilnya belum sesuai seperti yang diharapkan.

Kelas Kursus Sales Funnel & CRO akan menunjukkan kepada mereka bahwa yang perlu difokuskan bukan pada hasil akhir melainkan prosesnya. Untuk itu diperlukan perbaikan yang berkesinambungan pada bagian sales funnel.

Sales Funnel 001.

Kelas ini akan mengajak Anda belajar dan mengetahui tentang seluk beluk sales funnel, dan cara memperbaikinya agar dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.

Sales Funnel atau dikenal dengan Sales Pipeline adalah tahap perjalanan sebuah bisnis untuk mendapatkan penjualan. Mulai dari kegiatan Anda mengundang traffic dan mendapat kontak, mengubah kontak menjadi prospek, hingga akhirnya close the deal.

Menurut penelitian sales funnel hanya 50 % dari lead marketing siap untuk membeli. Sisanya, customer lainnya harus dijaga dan didukung untuk membantu mereka membuat keputusan untuk membeli.

Top 3 prioritas funnel.

Pada umumnya orang yang baru menemukan brand atau produk Anda untuk pertama kali tidak akan langsung melakukan pembelian karena mereka merasa belum siap. Menghadapi tipe customer seperti ini Anda harus menjalin komunikasi, ajaklah mereka untuk mengenal perusahaan Anda dan tahu tentang produk Anda.

Secara perlahan tapi pasti, mereka akan berminat pada layanan Anda sebelum melakukan pembelian. Dengan mengidentifikasi dan memperbaiki area terlemah dalam sales funnel, Anda dapat memastikan bahwa lead Anda akan memiliki presentase yang tinggi untuk melakukan pembelian dan menjadi repeat customer.
Banyak customer sebelum melakukan pembelian melakukan banyak pencarian guna mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi tentang produk dan perusahaan Anda.

Ketika customer untuk pertama kalinya menemukan brand Anda, Anda dapat melakukan hal-hal untuk meyakinkan mereka mengapa mereka harus melakukan pembelian produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Tahapan Conversion Funnel

Ketika lead dalam perjalanan melalui sales funnel Anda, mereka akan melewati beberapa tahap:

  1. Awareness (mempelajari brand Anda)
  2. Interest (mulai untuk melihat, mengapa produk dan service Anda bernilai untuk mereka)
  3. Decision (membuat keputusan untuk terlibat dalam brand Anda)
  4. Action (membeli sesuatu)

sales-funnel-002Sales funnel tidak hanya berhenti sampai di situ yaitu customer melakukan pembelian produk dan jasa namun juga melakukan repeat order atau kembali membeli dari Anda sebab customer puas dengan pelayanan dan produk Anda. Artinya Anda akan menghasilkan hubungan jangka panjang yang solid, dengan customer yang puas.

Dengan demikian yang Anda lakukan berikutnya adalah memberikan layanan bantuan untuk mempertahankan customer yang berhasil melakukan perjalanan melalui sales funnel, merupakan salah satu bagian dari marketing. Hal ini biasa disebut sebagai after sales service.

sales-funnel-003.jpg

Pertama mereka akan mendengar atau membaca informasi tentang brand Anda kemudian setelah tertarik merekan akan mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber (seperti artikel secara online dan review customer), mengembangkan lebih lanjut minat mereka dalam produk Anda. Dan membuat keputusan untuk lebih lanjut mempelajarinya. Setelah informasi dirasa cukup mereka akan mengambil tindakan dengan menghubungi Anda atau tim sales atau terlibat dengan halaman produk Anda seperti bertanya di kolom komentar atau DM ke inbox.

Salah satu cara yang diajarkan di kelas Kursus Sales Funnel dan CRO adalah dengan membuat konten marketing untuk menarik perhatian para calon pelanggan. Anda juga akan mendapatkan tips bagaimana memfollow up calon pelanggan setelah Anda menyebarkan konten marketing, baik memfollow up pelanggan yang tertarik terlebih lagi yang belum tertarik namun telah membaca konten marketing yang Anda buat.

Tingkatkan penjualan dan jalin hubungan yang baik dengan audience dengan mengikuti kelas ini bersama kami.

Conversion Rate Optimization (CRO)

Conversation rate digunakan untuk menentukan parameter kesuksesan kampanye marketing online dari bisnis online dan website yang Anda miliki. Disebut conversion ketika para pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis seperti menjadi subscriber, mendaftar sebagai anggota, mengunduh e-book hingga melakukan pembelian produk.

Conversion rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang dapat menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website. Penghitungan conversion rate dilakukan dengan membagi jumlah conversion yang terjadi di satu halaman website terhadap total pengunjung halaman website tersebut. Kemudian hasil pembagian tersebut dikalikan 100.

Misalnya, saat Anda mengelola sebuah toko online barang elektronik dan di halaman produk “Laptop” terjadi pembelian sebanyak 30 kali. Sedangkan jumlah total pengunjung halaman produk tersebut adalah 1000 pengunjung. Anda bisa menghitungnya dengan membagi 30 terhadap 1000 lalu kalikan 100. Hasilnya adalah 3 persen. Artinya conversion rate untuk halaman tersebut adalah 3 persen.

Melakukan perhitungan conversion rate sangat penting, untuk mengukur kesuksesan bisnis online Anda sebab trafik dan jumlah share di media social saja tidak cukup untuk menghitung keberhasilan kampanye marketing online. Dalam bisnis online Anda tidak hanya harus mengejar trafik yang tinggi namun juga menyiapkan strategi bagaimana mengubah trafik tinggi terebut menjadi leads atau pelanggan produk Anda.
Berdasarkan riset WordStream, rata-rata conversion rate di semua jenis industri adalah 2,35 persen namun banyak pula yang dapat mencapai lebih. Sebanyak 25 persen pelaku bisnis online dapat mencapai conversion rate di angka 5,31 persen bahkan ada pula yang mencapai 11,45 persen.
Apabila Anda mnegikuti kelas conversion rate, Anda akan mendapatkan informasi, pengetahuan sekaligus praktek bagaimana meningkatkan conversion rate (CRO)

Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan conversion rate (CRO) yang bisa Anda terapkan:

1. Membuat CTA berbentuk Teks di Blog
Anda bisa membuat Call-To-Action (CTA) dalam berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA berbentuk teks pada artikel blog meski terlihat sederhana, namun dapat menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi.
Kelas kursus conversion rate akan mengajarkan kepada Anda bagaiman membuat CTA dalam artikel blog.

2. Memanfaatkan Pop Up
Cara lain untuk meningkatkan conversion rate adalah dengan menggunakan pop up. Kami akan mengajarkan kepada Anda bagaimana mengatur tampilan pop up di halaman website yang berpotensi menghasilkan tingkat conversion tinggi.
Gunakan plugin seperti OptinMonster untuk membuat pop up yang menarik. Anda dapat lakukan uji coba menggunakan dua jenis pop up di satu halaman untuk melihat pop up mana yang lebih menghasilkan conversion.

3. Lakukan Uji Coba Landing Page
Landing page adalah halaman website yang sengaja didesain untuk meningkatkan conversion rate bagi bisnis. Link di landing page dibuat lebih sedikit dibanding homepage, desain ini dibuat agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter. Kelas kursus conversion rate akan memberikan pengetahuan dan praktek bagaimana cara membuat landing page.

4. Permudah Pengunjung untuk Menghubungi Customer Service
Meskipun semua informasi, dari harga, spesifikasi, sampai syarat dan ketentuan telah secara detail dijelaskan pada halaman website, terkadang pengunjung website masih perlu bertanya kepada customer service sebelum memutuskan melakukan pembelian. Anda dapat menampilkan ikon chat bantuan pada semua halaman website Anda. Selain itu Anda dapat menyediakan nomor telepon dan ikon chat yang memudahkan pengunjung website untuk menghubungi customer service, letakkan ikon tersebut pada bagian header dan footer halaman website..

5. Promosi Melalui Chat Bantuan
Manfaatkan chat bantuan untuk menyadarkan dan mengingatkan para calon pelanggan agar mereka tidak ketinggalan promosi menarik di website Anda.

6. Optimasi Artikel Blog Potensial
Jika Anda sudah menerapkan strategi content marketing tersebut di blog lebih dari satu tahun, Anda dapat melihat kemungkinan besar ada beberapa artikel yang lebih berpotensi menghasilkan conversion dibandingkan dengan artikel blog lainnya.
Segera bergabung dengan kelas kursus conversion rate dan dapatkan pengetahuan dan informasi yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Wahyu Dian Purnomo

Wahyu Dian Purnomo, SCP, CSSQ, CPAC, CCFC, ACA, CAPM, ITIL, MCPD, MCTS, MCP, CCDA, CCNA, adalah praktisi dan trainer Internet Marketing, IT, dan IT/IM Project Management. Dengan metodologi dan teknik belajar yang terstruktur dan asik, internet marketing jadi mudah dipahami & diaplikasikan.